RAKYAT.NET, Jakarta – Isu-isu panas bergulir jelang Pilpres 2019 yang makin mendekat. Salah satunya tentang isu mahar politik Sandiaga Uno senilai 1 trilyun sempat memanaskan peta politik Indonesia.

Badan Pengawas Pemilu memutuskan bahwa bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno tidak terbukti memberikan mahar politik sebesar Rp1 triliun kepada PAN dan PKS.

Sebelumnya diketahui, politikus Partai Demokrat Andi Arief menyebut Sandiaga memberikan mahar masing-masing Rp500 miliar kepada PAN dan PKS untuk pencalonan nya mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Dalam press rilis yang diterima VIVA, Jumat 31 Agustus 2018, Ketua Bawaslu Abhan menjelaskan, hal tersebut diputuskan berdasarkan tata cara dan mekanisme penanganan pelanggaran yang dilakukan tim nya.

“Bahwa terhadap laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VII/2018 tidak ditemukan jenis dugaan pelanggaran pemilu yang dilanggar oleh terlapor (Sandiaga),” kata Abhan.

Dia menyebut, laporan tersebut yang menyatakan diduga terjadi pemberian imbalan berupa uang oleh Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS pada proses pencalonan, tidak berbentuk nyata.

Sumber: viva.co.id