RAKYAT.NET, Jakarta – Test seleksi CPNS melalui beberapa tahapan. Dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018, para peserta harus mendapat nilai memuaskan pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Fakta mengejutkan, banyak peserta yang mengeluhkan sulitnya TKP walaupun mereka berhasil lolos di TWK dan TIU.

Menurut penjelasan Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, seluruh pembuatan soal berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para ahli dari perguruan tinggi.

“Pertama, soal itu dibuat oleh Kemendikbud dan Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia, jadi BKN tak tahu-menahu soal itu. Dan ketika soal itu diserahkan, beberapa puluh ribu soal, sudah dalam keadaan terenkripsi atau di-password, katakanlah, oleh BSSN dan dipastikan oleh Tim Q&A (Quality and Assurance) Panselnas,” katanya.

Namun demikian, Ridwan mengaku bahwa memang banyak peserta tidak lulus akibat tes kepribadian. Rata-rata peserta yang lolos di instansi pun hanya 9 persen, meski ada instansi seperti Kementerian Sosial yang jumlah kelulusannya mencapai 14 persen. “Laju kelulusan yang sekarang banyak ditentukan oleh TKP,” tambahnya.

Sumber: liputan6.com