BUDAPEST
, KompasPropert
i – Perusahaan rintisan Budapest, Hungaria, Platio, telah menghabiskan waktu dua tahun untuk mengembangkan panel surya modular yang bisa memanen energi matahari dan menghasilkan listrik.

Panel tersebut telah dilansir di Astana, Kazakhstan, dan ditempatkan di pusat keramaian, seperti depan pusat perbelanjaan dan pelabuhan. Panel ini pun diintegrasikan dengan tempat duduk.

Perusahaan juga menyediakan taman pop-up di Budapest, dengan panel surya sehingga pengunjung dapat mengisi perangkat cerdas mereka.

Unit fotovoltaik Platio dilapisi dengan kaca anti-slip berkekuatan tinggi dan diproduksi dengan menggunakan limbah plastik daur ulang. Semua kabel yang diperlukan diintegrasikan ke dalam panel untuk instalasi cepat.

Sistem permanen pertama dari Platio ini terdiri atas dua tumpukan papan pancang pejalan kaki.

Perabot yang bisa mengisi daya perangkat pintar

Perabot yang bisa mengisi daya perangkat pintar(Platio)

Platio meletakan instalasi ini di kedua sisi pintu masuk ke pusat perbelanjaan di Astana, Kazakhstan.

Hamparan unit PV tersebut mencakup total luas 80 meter persegi, dan daya output 11,7 kW. Listrik yang dihasilkan membantu mengurangi kebutuhan daya pada pusat perbelanjaan besar.

Baru-baru ini, sebuah kolaborasi Platio dengan platform pendidikan berbasis Hungaria dalam desain dan arsitektur, Hello Wood, telah menghasilkan panel yang dipasang di bangku publik melengkung.

Perabot yang bisa mengisi daya perangkat pintar

Perabot yang bisa mengisi daya perangkat pintar(Platio)

Listrik yang diproduksi oleh “bangku pintar” ini dapat digunakan untuk mengisi perangkat seluler yang terhubung ke port USB di perabotan.

Bahkan, listrik ini juga bisa digunakan tanpa kabel dengan gawai dan tablet QI yang kompatibel.

Platio juga bermitra dengan Marina System Ibérica S.L. untuk memasang lebih banyak panel pada ponton pelabuhan di Swedia, yang akan memasok listrik untuk kapal, dan fasilitas pelabuhan.

 

Penulis: Arimbi Ramadhiani

Editor: Hilda B Alexander

Sumber: Designboom.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here