TEMPO.CO, JakartaBaking soda atau natrium bikarbonat akan bereaksi ketika bertemu dengan air perasan jeruk lemon atau cuka. Saat bereaksi baking soda menghasilkan gelembung udara. Itu sebabnya baking soda kerap dijumpai di dapur para ibu yang gemar sekali membuat kue. Namun, pernahkah terlintas di dalam benak Anda untuk menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari?
Ada beberapa faktor mengapa 90 persen orang di dunia ini memiliki ketiak hitam, di antaranya sering menggunakan pisau cukur, sering menggunakan deodoran, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, penumpukan sel kulit mati di sekitar ketiak, menggunakan krim penghilang bulu yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya hingga ketiak yang mudah berkeringat.
Dikutip dari laman Boldsky, banyak ahli kulit dan kecantikan serta peneliti yang mengatakan bahwa menggunakan baking soda secara teratur dapat membantu memutihkan kulit ketiak. Baking sodamembantu untuk menetralisir alkalin alami yang dihasilkan oleh kulit. Saat alkalin kulit netral, secara otomatis kadar pH kulit juga seimbang.
Baking soda membantu proses pengelupasan sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya area berwarna hitam di sekitar ketiak dan membantu mengurangi produksi melanin. Melanin berlebih menjadi alasan mengapa warna kulit ketiak dan warna kulit di sekitarnya berbeda.
Baking soda juga membuka pori-pori yang tersumbat sekaligus menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit ketiak dan  membantu mengurangi bau badan yang tidak sedap.
Bagaimana cara menggunakan baking soda dengan benar?
Baking soda dapat digunakan dalam berbagai cara untuk memutihkan ketiak sekaligus menjaga area di sekitarnya agar tetap higienis. Misalnya, campur dua sendok makan baking soda dengan perasan jeruk. Aduk rata dan aplikasikan campuran baking soda dan jeruk (pasta) pada ketiak. Pijat selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara tersebut dua kali sehari untuk memutihkan sekaligus menjaga aroma ketiak agar tetap harum.
Anda juga dapat mencampur baking soda dengan bahan lain, seperti mentimun, minyak kelapa, minyak vitamin E, susu, bahkan cuka apel.
Baking soda dan mentimun
Keduanya dipercaya mampu menghilangkan sel kulit mati sekaligus memberikan sensasi segar pada kulit ketiak Anda. Campur tiga sendok makan sari mentimun dengan sejumput baking soda. Aduk hingga rata dan oleskan pada kulit ketiak. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan bilas dengan air.
Baking soda dan minyak kelapa
Campur dua hingga tiga sendok makan baking soda dengan satu setengah sendok makan minyak kelapa murni. Oleskan pada bagian ketiak yang hitam, tunggu beberapa saat hingga mengering, dan segera bilas dengan air.
Baking soda dan susu
Campur beberapa sendok baking soda dan susu hingga menjadi konsistensinya pas, tidak terlalu cair tidak terlalu kental. Oleskan pada kulit ketiak, diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air hingga bersih.
Baking soda dan cuka apel
Gunakan campuran baking soda dan cuka apel untuk memutihkan ketikan sekaligus menjadikan kulit ketiak lebih bersinar. Campur beberapa sendok baking soda dan cuka apel hingga konsistensinya pas, tidak terlalu cair tidak terlalu kental. Oleskan pada kulit ketiak, diamkan sejenak,  bilas dengan air, dan keringkan dengan handuk.
BOLDSKY | ESKANISA RAMADIANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here