MAINAN anak milenial ini sedang banyak digandrungi. Seperti alat tak penting, namun bagi pemainnya, ada sensasi berbeda saat alat tersebut memutar di jari. Salah satu alternatif permainan yang bisa dilakukan kapan dan dimana pun.

Kandungan material kimia dalam mainan ini tak sedikit, sebut saja timbal dan merkuri. Oleh sebab itu fidget spinner ternyata menyimpan masalah besar. Hal tersebut harusnya menjadi perhatian khusus setiap orang tua yang membelikan anaknya mainan ini atau Anda pemain fidget spinner. Tapi, hal yang berbahaya itu bisa terjadi bukan karena Anda rutin memainkan alat pemutar tersebut. Ancaman bahaya bisa terjadi bila anak Anda memasukan fidget spinner ke dalam tubuh atau mengisapnya di dalam mulut.

Keracunan timah menjadi risiko terbesarnya. Seperti dilansir dari News Channel 10, keracunan timah menjadi hal menakutkan yang bisa terjadi bila Anda tak segera mencuci tangan setelah bermain fidget spinner. Kondisi semakin parah bila setelah memainkan alat itu, anak Anda coba memasukannya ke dalam mulut. Keracunan timah yang bisa saja terjadi tapi tidak bisa dideteksi dengan sangat baik.

Sebab, kondisi tersebut hampir serupa dengan kondisi Anda akan terserang flu. Demam tinggi disertai ngilu sekujur tubuh adalah respon badan setelah mengalami keracunan timah. Padahal, bila benar keracunan timah, perkembangan anak akan sangat terganggu. Hanya ada satu cara untuk bisa mengetahui apakah Anda keracunan atau tidak, yaitu tes lab. Tes yang tepat tentunya akan berdampak baik pada si anak. Gejala yang dia rasakan mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada sedikit tips sebelum Anda menentukan untuk membeli fidget spinner. Coba lah memilih mainan itu yang tidak memiliki cat di bagian badan alat. Hal tersebut bisa meminimalisir kandungan timah dan merkuri di alat tersebut. Kemudian, jangan pilih juga yang memiliki lampu LED.

(hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here