RAKYAT.NET, Jakarta – Dalam rangka menyambut ajang olahraga Asian Games, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama kepolisian sudah sepekan melakukan uji coba perluasan kawasan ganjil genap di wilayah Ibu Kota. Aturan tersebut merupakan salah satu upaya DKI agar arus lalu lintas lancar selama perhelatan Asian Games.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menuturkan, warga Ibu Kota sudah mulai menyesuaikan diri dengan aturan itu. “Setelah satu Minggu positif, masyarakat sudah mulai terbiasa. Meskipun pengetahuannya masih rendah, tapi sudah mulai meningkat,” ujar Sandi kepada wartawan, Senin (9/7/2018).

Kendati demikian, Pemprov DKI masih meminta kepada masyarakat untuk terus membiasakan diri dengan perluasan ganjil genap. Selain karena alasan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, perluasan ganjil genap dinilai efektif mengurangi tingkat polusi udara di Ibu Kota.

Sebagian masyarakat mulai menggunakan moda Busway sebagai alternatif transportasi murah dan praktis. Dengan diterapkan aturan ganjil genap mulai terlihat berkurangnya mobil-mobil pribadi di jalanan ibukota.

Pemerintah berharap pemberlakukan aturan ganjil genap bisa dilakukan lebih luas lagi, jika mungkin di seluruh wilayah Jakarta.

Sumber: sindonews.com