RAKYAT.NET, Jakarta – Kita sering mendengar istilah April Mop namun banyak diantara kita tidak tahu pasti apa itu April Mop. April Mop diperingati setiap tanggal 1 April, di hari tersebut, orang boleh memberikan lelucon pada orang lain, tanpa dianggap bersalah. Sebenarnya, bagaimana asal usul April Mop? Dan bagaimana pula di negara-negara lain?

April Mop diperkirakan sudah dikenal sejak abad 16 lalu di Perancis. Kala itu, sebelum ada sistem penanggalan seperti sekarang, tanggal 1 April diperingati sebagai hari pergantian tahun. Kata April berasal dari bahasa Belanda Aprire yang artinya membuka.

Padahal, menurut cerita, saat itu Paus Gregory telah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari. Akan tetapi, karena informasinya kurang, banyak yang tidak percaya. Mereka pun tetap merayakan tahun baru pada 1 April. Nah, mereka itulah yang disebut April Mop, atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Penanggalan Romawi

Teori lain menyebutkan, penanggalan Romawi zaman dahulu hanya terdiri dari sepuluh bulan, dan Tahun Baru dirayakan setiap 1 April. Di tahun 1564, Raja Perancis Karel IX membuat perubahan penanggalan dari tanggal Romawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita kenal sekarang, Kids. Namun, lagi-lagi karena kurangnya informasi, Tahun Baru tetap dirayakan pada 1 April. Ini pun menjadi bahan tertawaan dan memunculkan istilah April Mop.

Sumber: sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here