RAKYAT.NET, Jakarta – Anda pengguna transportasi udara atau pesawat terbang terkadang tidak begitu memperhatikan tentang tirai jendela pesawat. Saat naik pesawat, penumpang selalu diminta untuk membuka tirai jendela. Biasanya ini dilakukan saat pesawat akan lepas landas (take off) maupun mendarat (landing).

Nah, di balik kebiasaan itu ada fungsi yang sebenarnya cukup penting untuk keselamatan penerbangan. Itu karena kemungkinan besar masalah penerbangan terjadi ketika lepas landas dan mendarat.

Jika pesawat melakukan pendaratan dan mengalami masalah darurat, maka penumpang bisa melihat ke area luar pesawat, seperti misalnya jika ada salah satu mesin pesawat yang terbakar.

“Saat landing (kemudian) ada emergency, penumpang itu bisa melihat. Misalnya ada engine terbakar, bisa memberi tahu kepada kru,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso.

Selain itu kata Agus, jika tirai jendela dibuka, dapat memudahkan proses evakuasi penumpang. Itu diperlukan sebagai antisipasi ke arah mana penumpang harus menyelamatkan diri.

Selain siang hari, tirai jendela pun wajib dibuka ketika malam hari. Malahan Agus mengatakan, membuka tirai jendela saat malam lebih penting ketimbang siang hari. Membuka tirai jendela saat keadaan darurat di malam hari, berguna untuk menerangi keadaan di sekitar pesawat.

“Kalau malam lebih (penting) lagi. Begitu emergency kalau itu dibuka, kan lampu di dalam pesawat bisa menerangi ke luar. Dibuka itu supaya bisa masih melihat (ke sekitar pesawat),” imbuh Agus.

Selain membuka jendela, penumpang juga wajib mengetahui di mana baju pelampung disimpan. Ini berguna untuk membantu keselamatan jika terjadi pendaratan darurat di permukaan air.

Baju pelampung sendiri biasanya tersedia di bawah kursi. Namun jika masih bingung atau kurang jelas dengan penjelasan awak kabin, ada baiknya untuk menanyakannya.

Nah, jika tirai jendela pesawat harus dibuka, maka yang satu ini wajib untuk ditutup alias dikunci selama penerbangan yaitu pintu toilet. Sebab jika tak dikunci, penumpang lain sewaktu-waktu bisa membukanya karena tak tahu ada orang di dalamnya.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here