RAKYAT.NET, Jakarta – Petani merupakan profesi masyarakat agraris seperti Indonesia. Namun seiring perkembangan jaman, profesi petani mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Museum Pertanian di Jalan Ir H Djuanda, Bogor Tengah, Kota Bogor yang genap baru tiga bulan berdiri letaknya persis masih dalam satu lokasi dengan Museum Tanah, berseberangan dengan Museum Zoologi, dan pintu masuk Kebun Raya Bogor.

Di Musium Pertanian, para pelajar atau anak muda bisa mengetahui pertanian itu telah berkembang sebelum negara Indonesia dibentuk. Pertanian menjadi bidang sangat penting karena menyangkut sumber kebutuhan pangan. Tidak bisa terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia.

Bahkan, masyarakat patut berbangga karena dipastikan sejarah mencatat peran sektor masyarakat Indonesia bagi komunitas global adalah pemasok rempah terbesar seperti Pala, Cengkeh dan Lada yang diperdagangkan melalui jalur sutra.

Keberadaan Museum Pertanian diharapkan bisa mengubah stigma masyarakat khususnya kaum milenial terhadap sektor pertanian yang selama ini kerap dipandang sebelah mata dan kurang diminati.

Foto: sinartani