RAKYAT.NET, Jakarta – Meski tidak menurunkan berat badan, air dingin dapat menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa meminum air dingin ternyata dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori sehari. Ternyata tip itu hanyalah sebuha mitos.

Walaupun masuk akal untuk berpikir bahwa tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak energi untuk memanaskan air hingga suhu intinya, namun melalui sebuah penelitian telah menemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar terlalu minim untuk benar-benar membuat perbedaan. Tetapi, meminum air dingin ternyata memang menawarkan manfaat di luar penurunan berat badan.

Dilansir dari Popsugar, Jacqueline Schaffer, MD, seorang dokter medis bersertifikat, dia mengatakan bahwa air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah di permukaan kulit secara khusus, yang dapat menyebabkan kulit bercahaya.

Lalu, penelitian menunjukan bahwa meminum air dingin selama kita berolahraga dapat menurunkan dehidrasi dan membuat Anda merasa tidak cepat lelah. Hal tersebut dapat membantu anda untuk melakukan olahraga lebih lama. Alasannya karena air dingin dapat membantu mempertahankan suhu tubuh inti Anda agar menjadi dingin.

Terlepas dari itu semua, memang meminum air putih sangat lah penting. Karena Dehidrasi bukanlah suatu hal yang dapat dianggap sepele, Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, kram otot, pusing, dan sakit kepala, bahkan Dehidrasi dapat menyebabkan metabolisme tubuh Anda melambat tanpa kemampuan membuang kotoran.

Minumlah air delapan gelas sehari, untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan tidak Dehidrasi.

Sumber: Republika