RAKYAT.NET, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali melakukan peningkatan teknologi persinyalan. Kali ini yang akan di-upgrade persinyalan yaitu di lintas Stasiun Jatinegara-Staisun Manggarai.

Senior Manajer Humas KAI DAOP 1 Jakarta Suprapto mengatakan, pekerjaan pembaruan persinyalan ini akan dilakukan pada 30 September 2017 pada pukul 00.00 WIB hingga 04.00 WIB.

“Terkait kegiatan perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Jatinegara hingga Manggarai ini, Kami mohon maaf, apabila perjalanan kereta api baik untuk KA Jarak Jauh/Menengah/Lokal dan KRL khusus pada pagi hari yang melintas di antara Stasiun Jatinegara hingga Manggarai di tanggal 30 September 2017 mengalami keterlambatan,” kata Suprapto kepada waratwan, Jumat (29/9/2017).

Suprapto menambahkan, pergantian persinyalan ini sebelumnya sudah dilaksanakan dengan sukses pada koridor lintas Stasiun Cakung hingga Stasiun Cikarang pada tanggal 7 Juni 2017 yang lalu.

Menurutnya, sistem persinyalan merupakan salah satu komponen vital dalam suatu sistem perjalanan kereta api, sehingga usaha perawatan dan pergantian sistem persinyalan secara berkala sangatlah penting untuk dilakukan.

Adapun sistem persinyalan yang diganti yaitu dari sistem SSI (Solid State Interlocking) yang sudah bertugas dari tahun 1994 ke Sistem Persinyalan Kyosan K5B buatan Jepang.

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta sendiri, terdapat 7 jenis sistem persinyalan diantaranya : SSI Westinghouse Inggris, SSI Alstom Australia, SSI GEC Alstom Perancis, VPI DBRI Inggris, Mekanik S&H, dan PLC Mc Allister (Vialis Belanda).

“Kami mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api pada tanggal 30 September 2017 yang perjalanan kereta apinya melintas di wilayah Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Manggarai, agar bisa menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan hal ini,” tambah Suprapto.

Dia berharap, pekerjaan Switch Over / perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Manggarai, bisa berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sehingga perjalanan kereta api yang melintas di wilayah ini tidak terganggu.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here