RAKYAT.NET, Jakarta – Dalam rangka menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018, petugas mengadakan rekayasa lalu lintas yaitu pengalihan arus di jalan yang akan dilalui kirab Obor Asian Games 2018.

Kasubdit Bin Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, Polda Metro telah menyusun rekayasa lalu lintas dalam pelaksanaan pawai obor di Jakarta yang dimulai hari ini. Masyarakat diimbau untuk tertib mengikuti arahan petugas di lapangan.

“Rekayasa lalu lintas hanya bersifat sementara, saat dilalui oleh rombongan pawai obor Asian Games 2018,” kata Budiyanto.

Pengalihan arus lalu lintas yang bersifat sementara ini, dilakukan guna terciptanya kelancaran lalu lintas pada rute yang akan dilalui pawai obor. Jakarta Timur akan menjadi lokasi pertama pawai obor yang dimulai hari ini. Pawai dimulai dari Lippo Mal Kramat Jati dan berakhir di Balai Kota DKI kemudian akan dilanjut besok.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah menambahkan, akan dilakukan penutupan ruas Jalan Raya Ragunan, Jalan Cilandak KKO, Jalan RM Harsono, dan Jalan Ampera Raya mulai dari pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB akibat pawai obor di kawasan Jakarta Selatan.

“Untuk ruas jalan lainnya yang merupakan lintasan torch relay Asian Games 2018, akan dilakukan buka tutup jalan secara situasional saat rombongan torch relay satu jam sebelum mulai start dan satu jam setelah selesai start,” katanya.

Berikut pengalihan arus lalu lintas di wilayah Jakarta Timur saat pawai obor berlangsung:

1. Arus Lalu Lintas Dari PGC Cililitan Mengarah ke Taman Mini Pondok Gede Bekasi.

-Kendaraan dari PGC Cililitan diarahkan ke Jalan Cililitan Besar, arah Intirub, di pertigaan Intirub belok kiri masuk Jalan Skuadron lurus masuk Jalan Karya Bhakti lurus, sampai perempatan Karya bhakti belok kiri masuk Jalan Pusdiklat Depnaker.

-Lurus sampai Jalan Pinang Ranti 2, lurus sampai dengan pertigaan SMA 48 belok kanan arah Traffic Light Garuda, belok kiri arah Taman Mini atau dari pertigaan SMA 48 belok kiri ke Jalan Raya Pondok Gede, lurus sampai Pasar Pondok Gede arah Bekasi.

2. Arus Lalu Lintas Dari PGC Cililitan Mengarah Pasar Rebo, Pasar Minggu, dan Depok

-Kendaraan dari PGC Cililitan diarahkan ke turunan Condet, masuk ke Jalan Raya Condet lurus sepanjang Jalan Raya Condet sampai dengan Traffic Light Rindam belok kiri ke Jalan TB Simatupang, lurus ke pertigaan Caglak.

-Sampai Traffic Light Pasar Rebo belok kanan arah Jalan Raya Bogor, lurus arah Depok dan Bogor, atau Traffic Light Rindam belok kanan ke Jalan TB Simatupang lurus melewati jembatan Ciliwung, lurus arah Pasar Minggu atau arah Depok.

Adapun rekayasa lalu lintas di wilayah Jakarta Selatan sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Selatan (Jalan Pasar Minggu) yang akan belok kiri menuju Jalan Raya Ragunan dialihkan lurus ke arah Utara Jalan Pasar Minggu, Jalan Raya Pejaten dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas dari arah Utara (Jalan Warung Jati Barat) yang akan belok ke kiri menuju Jalan Raya Ragunan dialihkan lurus ke arah Selatan Jalan Warung Jati Barat — Jalan TB Simatupang — dan seterusnya. Sedangkan untuk arus lalu lintas dari arah Selatan (Jalan Warung Jati Barat) yang akan belok ke kanan menuju Jalan Raya Ragunan dialihkan lurus ke arah Utara Jalan Warung Jati Barat, Jalan Raya Pejaten dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas dari arah Timur (Jalan TB Simatupang) yang akan belok kiri menuju jalan Cilandak KKO dialihkan lurus ke arah barat jalan TB Simatupang, Jalan Fatmawati dan seterusnya, sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Margasatwa yang akan belok kiri menuju Jalan Cilandak KKO dialihkan lurus ke arah Barat Jalan Margasatwa, Jalan Kav Polri dan seterusnya.

4. Arus alu lintas dari arah Barat (Jalan TB Simatupang) yang akan belok kiri menuju Jalan Ampera Raya dialihkan lurus ke arah Barat Jalan TB Simatupang, Jalan Warung Jati Barat dan seterusnya. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Kemang yang akan lurus menuju Jalan Ampera Raya dialihkan belok kiri menuju Jalan Pejaten Barat dan seterusnya.

5. Arus lalu lintas dari arah Timur Jalan TB Simatupang yang akan belok kiri menuju Jalan RM Harsono dialihkan lurus ke arah Barat Jalan TB Simatupang, Jalan Fatmawati dan seterusnya.

6. Untuk arus lalu lintas dari arah Barat Jalan TB Simatupang dan arah Utara Jalan Warung Jati Barat yang akan menuju RM Harsono dialihkan menuju Jalan TB Simatupang, Jalan Fatmawati dan seterusnya.

Sumber: republika.co.id