Liputan6.com, New York – Dari skandal Presiden Korea Selatan hingga kasus yang membelit pemimpin Malaysia, beberapa negara Asia memang bereputasi buruk akibat kasus korupsi yang terjadi di negaranya. Namun, seberapa parahkah tingkat korupsi yang terjadi di wilayah ini?

Survei selama 18 bulan yang dilakukan oleh lembaga internasional Transparency International memperlihatkan beberapa negara Asia yang memiliki kecenderungan besar untuk korupsi. Survei ini didasarkan dari pengumpulan data di 16 negara dan wawancara terhadap 20 ribu orang responden.

Berikut lima negara Asia paling korup dilansir dari Forbes, Kamis (6/7/2017):

5. Myanmar
Tingkat korupsi 40 persen

 

Sekelompok pemuda Myanmar mengenakan pakaian punk duduk di sebuah taman di Yangon (12/4). Masyarakat Myanmar merayakan Festival Thingyan atau festival air dari tanggal 12-16 April. (AFP Photo / Roberto Schmidt)

Meski negara ini sudah mengimplementasikan hukum anti korupsi pada 2013, sebagian besar responden percaya bahwa semua polisi dan 40 persen dari anggota kabinet negara ini melakukan aksi korupsi.

4. Pakistan
Tingkat korupsi 40 persen

 

Anak-anak duduk di atas bebatuan setelah banjir bandang menghantam wilayah Ursoon, daerah terpencil Chitral di Pakistan utara, Minggu (3/7). Banjir bandang akibat hujan lebat yang lama itu telah menewaskan sedikitnya 43 orang. (GUL HAMAAD Farooqi/AFP)

Di Pakistan, tiga perempat responden menganggap semua anggota polisi negara ini korup. Responden yang pernah memiliki urusan dengan lembaga kepolisian atau pengadilan, 7 dari 10 di antaranya harus membayar uang suap agar urusannya bisa berjalan lancar.

Thailand

3. Thailand
Tingkat korupsi 41 persen

 

Gajah Ayutthaya ditunggangi pawangnya duduk memberikan penghormatan untuk mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej di depan Royal Palace, Bangkok, Thailand (8/11). Bagi orang Thailand gajah merupakan penjelmaan dari salah satu dewa.(Reuters/Jorge Silva)

Thailand berhadapan dengan masalah korupsi di hampir semua lini instansi negaranya. Walau begitu, 72 persen responden percaya bahwa pemerintah Thailand tengah berusaha maksimal memberantas korupsi di negaranya.

2. Vietnam
Tingkat korupsi 65 persen

 

Seorang peserta menerbangkan layang-layangnya diatas pantai Tam Thanh selama Festival Internasional Kite di Quang Nam, Vietnam (11/6). Dalam festival ini, pengrajin menunjukan keterampilan membuat, serta menerbangkan layang-layangnya. (AP Photo/Hau Dinh)

Penduduk Vietnam melihat korupsi sebagai endemik. Dari 16 negara Asia yang disurvei penduduk di Vietnam dan Malaysia sangat pesimistis terhadap kondisi negaranya. Sebanyak 60 persen responden percaya pemerintah Vietnam tidak berbuat banyak untuk menanggulangi masalah ini.

India

1. India
Tingkat korupsi 69 persen

 

Personel Angkatan Laut India melakukan gaya yoga di atas kapal induk INS Viraat di Mumbai, India, (21/6). PM Narendra Modi mengatakan 21 Juni dirinya dan jutaan orang di seluruh dunia merayakan Hari Yoga Internasional. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Lima dari enam institusi milik pemerintah di India memiliki anggota yang terseret kasus korupsi. Penduduk India juga banyak yang harus membayar uang suap, agar keperluannya bisa dilayani dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here