Bola.com, Jakarta – Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, layak disebut sebagai pemain terbaik di skuat Macan Kemayoran pada putaran Liga 1 2017. Saat tim ibu kota itu kesulitan untuk meraih kemenangan hingga perlahan menyodok ke papan atas klasemen, secara individu kiper berusia 25 tahun permainannya konsisten di atas rata-rata.

Persija mengakhiri putaran pertama Liga 1 2017 dengan menempati posisi keenam klasemen sementara Liga 1 2017 dengan 28 poin dari 17 laga yang sudah dimainkan. Keberhasilan Tim Oranye kembali ke posisi tersebut patut diapresiasi, terutama karena di awal musim tim ibu kota itu sempat terseok-seok dan berada di papan bawah.

Setelah meraih kemenangan 2-0 atas Persiba Balikpapan di pertandingan perdana, klub asuhan Stefano “Teco” Cugurra harus menjalani enam laga tanpa kemenangan. Rinciannya dengan tiga hasil imbang dan tiga kekalahan.

Berkah Ramadan 2017 pun menjadi sebuah tren bagi Persija setelah empat laga yang dijalani oleh Macan Kemayoran di bulan suci itu berakhir dengan poin sempurna.

Setelah itu, Persija tak pernah lagi mengalami kekalahan hingga putaran pertama Liga 1 2017 berakhir. Total 12 pertandingan terakhir tim ibu kota di putaran pertama berakhir tanpa satu pun kekalahan, dengan rincian 12 kemenangan dan 12 hasil imbang.

Dari total 17 laga yang sudah dimainkan, Persija tercatat meraih tujuh kemenangan, tujuh hasil imbang, dan hanya tiga kali mengalami kekalahan. Tren positif di 12 pertandingan terakhir membuat Macan Kemayoran pun secara perlahan tapi pasti mulai naik di tangga klasemen.

Keberhasilan Persija itu tak lepas dari kontribusi besar seluruh pemain yang berjuang keras di atas lapangan. Tiga pemain asing Persija, Bruno Lopes, Willian Pacheco, dan Luis Junior, serta gelandang asal Maluku, Ramdani Lestaluhu, menjadi empat pemain yang paling banyak mencetak gol.

Sukses Persija itu juga tidak lepas dari kehebatan lini pertahanan yang digawangi Ismed Sofyan, Gunawan Dwi Cahyo, Maman Abdurrahman, Willian Pacheco, Rezaldi Hehanusa, dan Vava Mario Yagalo.

Namun, peran penting sang penjaga gawang, Andritany Ardhiyasa tidak bisa dikesampingkan, di mana kolaborasinya bersama lini pertahanan Persija membuat gawang Persija itu menjadi yang paling sedikit kebobolan di Liga 1 2017 sampai sejauh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here