Merdeka.com – Apa menu makan siangmu hari ini? Apakah berhubungan dengan fast food? Jika ya, kentang goreng atau french fries termasuk menu dalam fast food yang memiliki banyak peminatnya. Rasanya yang gurih, enak, dan mengenyangkan menjadikan kentang goreng banyak dipilih sebagai menu pengganti nasi.

Meski terasa enak, nyatanya ada ancaman kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi kentang goreng yang berlebihan. Apa saja?

Kolesterol

Seperti yang kamu ketahui, kentang goreng sangat tinggi akan kandungan lemak, minyak, dan pati. Semua zat ini jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas, kolesterol tinggi, naiknya tekanan darah, dan juga penyakit jantung.

Kanker

Selama 8 tahun melakukan penelitian, tim dari dinas kesehatan Amerika Serikat menemukan bahwa kentang goreng memiliki zat yang disebut dengan akrilamida. Zat ini dihasilkan oleh makanan yang kaya pati saat bersentuhan dengan suhu tinggi.

Akrilamida mampu bersifat karsinogen yang dimulai dengan menyebabkan tumbuhnya tumor di paru-paru, perut, serta kelenjar tiroid.

Well, konsumsi kentang goreng secara berlebihan memang mampu menyebabkan bahaya kesehatan di atas. Nah, jika kamu penggemar kentang goreng maka konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan disertai dengan konsumsi sayuran tinggi serat.

[feb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here